Praktikum 3 - 360 Turn Table Animation
Tujuan
Membuat 360 turn table animation
Alat
Blender 2.73a
Bahan
Cartoon dragon no rig (register dulu baru bisa download)
Petunjuk Praktikum
Percobaan 1: Test Render
1. Buka file Cartoon dragon no rig.
2. Buka tab Render pada view Properties
3. Klik Render
4. Hasil rendernya terlihat seperti terpotong padahal sebenarnya tidak
5. Lakukan Zoom out pada view Image Editor sehingga keseluruhan hasil render bisa tampak

Percobaan 2: 360 Turn Table
1. Buka file Cartoon dragon no rig.
2. Pilih View Layout Animation pada tampilan 3D view, pilih opsi Animation


3. Seleksi objek yang berkaitan dengan dragon mulai dari badan, kelopak mata, dan bola mata.

4. Aktifkan properties panel pada 3D view


5. klik frame 1 pada Timeline view

6. klik kanan pada Z Rotation property kemudian pilih Insert Single Keyframe

Membuat 360 turn table animation
Alat
Blender 2.73a
Bahan
Cartoon dragon no rig (register dulu baru bisa download)
Petunjuk Praktikum
Percobaan 1: Test Render
1. Buka file Cartoon dragon no rig.
2. Buka tab Render pada view Properties
3. Klik Render
4. Hasil rendernya terlihat seperti terpotong padahal sebenarnya tidak
5. Lakukan Zoom out pada view Image Editor sehingga keseluruhan hasil render bisa tampak

Percobaan 2: 360 Turn Table
1. Buka file Cartoon dragon no rig.
2. Pilih View Layout Animation pada tampilan 3D view, pilih opsi Animation


3. Seleksi objek yang berkaitan dengan dragon mulai dari badan, kelopak mata, dan bola mata.

4. Aktifkan properties panel pada 3D view


5. klik frame 1 pada Timeline view

6. klik kanan pada Z Rotation property kemudian pilih Insert Single Keyframe


Insert single keyframe penambahan single keyframe tersebut akan meng-highlight Z rotation property dengan warna kuning dan akan menambahkan 1 item baru pada dopesheet.
Hasil penambahan single keyframe - klik frame 250 pada Timeline view

klik frame 250 - klik Z Rotation Property kemudian ketik 360 diakhiri dengan tombol ENTER

Set Z rotation property menjadi 360
warna highlight berubah menjadi hijau yang artinya property tersebut merupakan keyframe pada frame yang lain dan belum menjadi keyframe dari frame saat ini - klik kanan pada Z Rotation property kemudian pilih Insert Single Keyframe

Insert single keyframe 
Single keyframe untuk Z rotation 360 - Pada tahap ini diperoleh keyframe untuk frame 1 dan 250. dimana frame 1 Z rotationnya 0 dan frame 250 z rotationnya 360. Maka saat tombol play dimainkan, akan menghasilkan pergerakan(tween) dari z rotation 0 menjadi z rotation 360 seperti berikut ini.
Hasil Praktikum yang diharapkan
- Screen record dari percobaan 1: Test Render
- Screen record dari percobaan 2: 360 Turn table
Kesimpulan yang diharapkan
Mahasiswa dapat membuat kesimpulan dalam bentuk ringkasan pengalaman yang diperoleh dari praktikum ini
Hasil Praktikum
1. Screen Record Percobaan 1 : Test Render
2. Screen Record Percobaan 2 : 360 Turn Table
Comments
Post a Comment